19 Februari 2022 5:57 pm

Jenis-Jenis Tali Jam Tangan | Kelebihan dan Kekurangan

Jenis-Jenis Tali Jam Tangan | Kelebihan dan Kekurangan
Halo Juragans ๐Ÿ˜‰
Kali ini kita bahas tentang strap atau tali jam tangan yuk ๐Ÿ˜Š

Strap atau bisa disebut tali jam tangan jangan dianggap enteng loh. Bagian ini merupakan โ€œpengikatโ€ antara body jam dengan pergelangan tangan kita. Selain itu, tali jam tangan akan sangat berpengaruh dari segi fashion serta pada nyaman atau tidaknya saat kita mengenakan jam di lengan.

Sebelumnya, seperti yang kita ketahui ada beberapa jenis strap jam tangan, yaitu rantai, kulit (leather), karet (rubber), kanvas atau kain, dan keramik.

Yuk, kita simak jenis strap beserta kelebihan dan kekurangannya dibawah ini:

RANTAI

Jam Tangan Strap Rantai
Jam Tangan Strap Rantai
Bahan metal yang sering digunakan adalah stainless steel, titanium, PVD, dan stainless steel berlapis emas. Gelang atau tali berbahan stainless steel banyak digunakan pada jam tangan formal. Cocok untuk dipakai aktivitas didalam ruangan (indoor). Eitsss, bisa juga kok dipakai diluar ruangan salah satunya hangout bareng dengan teman-teman atau pasangan kamu๐Ÿ˜Š

Tali jam dari rantai sangat fleksibel untuk digunakan pada acara resmi yang mewah maupun acara santai sehari-hari.

Kelebihan
Kuat, tahan lama, tidak bereaksi dengan air, tidak mudah tergores, terkesan formal elegan.

Kekurangan
Berat karena menyesuaikan dengan tangan kita. Ga semua kok, ada rantai yang berat dan ada yang tipis. Bila tergores, akan sangat mudah terlihat. Selain itu, kita harus ke tukang service untuk bisa memotongnya dan juga harus menyimpan sisa potongan rantai. Lohhh, kok di simpan?

Potongan rantai jam tangan harus di simpan ya, juragans. Njagani, kalau hilang tidak ada yang menjualnya kalaupun beli, tidak bisa beli hanya satu atau dua potongan rantai saja๐Ÿ˜…

KULIT (LEATHER)

Jam Tangan Strap Kulit
Jam Tangan Strap Kulit
Tali kulit ini bervariasi ya, juragans. Ada yang berbahan dasar dari kulit hewan dan ada juga yang imitasi loh๐Ÿ˜…
Oiya, tali kulit yang bagus biasanya tebal, elastis, empuk, dan nyaman ketika dipakai.

Kelebihan
Ringan, biasanya banyak pilihan warna, terkesan simpel tetapi juga elegan, mudah mencari strapnya dan terakhir mudah untuk dipasangkan dengan penampilan kamu. Pilihan yang tepat jika kamu ingin tampil dengan gaya yang santai dan formal.

Kekurangan
Jenis strap kulit memerlukan perawatan khusus. Jika sering terkena air dan tidak dikeringkan akan mudah berbau. Pun, kalau terlalu sering buka pasang jam tangan biasanya akan membekas dan lama - lama akan mudah kusut. Oiya, strap jenis ini akan mudah rusak jika ditaruh di ruangan yang terlalu lembap namun kembali lagi tergantung kualitas dari strap atau jam tangannya๐Ÿ˜Š
So, lebih berhati - hati dalam merawat jamnya ya juragans...

KAIN ATAU KANVAS

Jam Tangan Strap Kanvas
Jam Tangan Strap Kanvas
Jika kamu ingin tampil sedikit berbeda dan hendak memberikan kesan playful, active person, aktivitas outdoor dan senang berpetualang. Jam tangan dengan strap kanvas sangat cocok untukmu. Biasanya berbahan dasar nylon.

Kelebihan
Awet, kuat, tidak gampang rusak atau putus, harga terjangkau, bobotnya ringan, mudah dilepas, dan banyak pilihan warna.

Kekurangan
Saat dipakai dalam keadaan basah membuat tidak nyaman dan susah untuk dikeringkan. Selain itu, jika tidak cepat dikeringkan akan memunculkan bau yang tidak sedap dari strapnya hampir mirip dengan strap jenis kulit. Cukup ditaruh dan diamkan atau juga bisa di kipas-kipasin supaya cepat mengering ya, juragans...

KARET (RUBBER)

Jam Tangan Strap Rubber
Jam Tangan Strap Rubber
Bahan dasar rubber adalah campuran antara plastic dan karet. Penggunaan jenis strap ini mirip dengan kanvas. Loh kok bisa?? Strap jenis ini banyak digunakan pada jam tangan sporty. Sifat tali jam dari rubber adalah lentur dan lembut di pergelangan tangan. Tali pengikat ini dapat dipakai dimana saja loh. Bisa dipakai di darat, dibawah air. bahkan di udara. Ciyee,,ingin beli ya?

Kualitas strap rubber bisa dilihat dari tingkat elastisitas dan kelunakannya. Makin berkualitas jenis rubber, maka semakin "empuk" saat di pegang. Mirip seperti kamu saat memegang pipi orang yang tembem. ih empuk, kenyal-kenyal gimana gitu.. ehhhhhh

Kelebihan
Bobotnya lebih ringan, mudah untuk adjustment (mengatur) tali, tidak bereaksi dengan air (waterproof), banyak pilihan warna, lebih awet daripada tali jam kulit serta lebih praktis.

Kekurangan
Kurang cocok jika dipakai pada acara yang terlalu formal atau resmi, jika berkeringat beberapa dari strap ini akan menimbulkan efek lengket pada kulit.

Sekian pembahasan kita kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk juragans dalam memilih jam tangan. Masing - masing jenis strap memiliki kelebihan dan kekurangan tinggal bagaimana cara kita merawat jam tangannya.

Next, kita bahas apa lagi yaaaaa...


Blog Post Lainnya
Address :
0852-12345-451
juragan7am@gmail.com
Jl. Bengawan Solo ruko no 14B (Dekat jembatan Semanggi) Jember - Jawa Timur
Social Media :
Ingin tau update terbaru dari kami?
`Berlangganan Gratis
@2015 Juragan7am Indonesia